Mengapa bayi menangis – dan bagaimana cara menenangkannya

 

Mengapa bayi menangis?

Semua bayi terkadang menangis. Ini sangat normal. Kebanyakan bayi kecil menangis antara satu jam dan tiga jam setiap hari.

Bayi Anda tidak bisa melakukan apa-apa sendiri dan mengandalkan Anda untuk memberinya makanan, kehangatan dan kenyamanan yang dia butuhkan. Menangis adalah cara bayi Anda mengkomunikasikan satu atau seluruh kebutuhannya dan memastikan bahwa ia mendapat respon dari Anda.

Kadang-kadang sulit untuk mengetahui apa yang bayi Anda inginkan. Tetapi pada waktunya Anda akan belajar untuk mengenali apa yang dibutuhkan bayi. Dan sebagaimana bayi Anda tumbuh dia akan belajar cara-cara lain untuk berkomunikasi dengan Anda. Dia akan mendapatkan kontak mata yang lebih baik, membuat suara-suara dan tersenyum, yang semuanya mengurangi tangisannya untuk kebutuhan perhatian.

Sementara itu, jika bayi Anda sulit untuk ditenangkan, ia mungkin mencoba untuk mengatakan:

Aku lapar

Lapar adalah salah satu alasan paling umum bayi baru lahir Anda menangis. Semakin kecil bayi Anda, semakin besar kemungkinan tangisannya adalah karena lapar.

Perut kecil bayi Anda tidak bisa menahan sangat banyak, jadi jika dia menangis, coba tawarkan susu padanya. Dia mungkin lapar, bahkan jika makan terakhirnya tidak tampak terlalu lama berlalu. Kemungkinan jika Anda sering memberi dia makan dan teratur pada hari pertama atau lebih untuk membantu ASI Anda keluar dengan cara apapun. Jika Anda telah menemukan rumusan dalam menyusui, ia mungkin tidak lapar jika dia telah makan dalam dua jam terakhir.

Dia tidak dapat segera berhenti menangis, tapi biarkan dia tetap menyusu jika dia ingin.

Aku hanya ingin menangis

Jika usia bayi Anda kurang dari lima bulan, dia mungkin menangis di sore hari dan malam hari. Ini adalah normal, dan bukan berarti ada sesuatu yang salah dengan bayi Anda.

Ketidakbahagiaan dapat berkisar dari tangisan jangka pendek yang tidak terselesaikan sampai menjadi beberapa jam. Sementara dia menangis, bayi Anda menjadi memerah dan frustrasi, dan menolak untuk dihibur. Bayi Anda mungkin mengepalkan tinjunya, menekuk lututnya, atau melengkungkan punggungnya.

Ini menjengkelkan ketika Anda tidak dapat melakukan apapun untuk meringankan penderitaan bayi Anda. Seberapapun sulitnya hal ini, yakinlah bahwa bayi Anda akan mengeluarkan diri dari fase percobaan ini.

Tangisan  yang terus-menerus dan tidak dapat terselesaikan dalam hal kesehatan bayi secara tradisional disebut kolik. Beberapa orang juga mengasosiasikan kolik dengan angin dan perut kembung atau masalah pencernaan. Ini mungkin disebabkan oleh alergi atau ketidak cocokan terhadap zat tertentu dalam ASI atau susu formula.

Baru-baru ini, meskipun kami memiliki pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana pola normal tangisan bayi dan tidak selalu ada kaitannya dengan masalah perut.

Ronald Barr, seorang ahli tangisan bayi, telah mengusulkan istilah baru tahapan menangis. Barr menyebutnya “periode tangisan PURPLE ®”, dimana huruf-huruf PURPLE mewakili seluruh karakteristik umum dari tangisan. (Ini bukan berarti bayi Anda berubah menjadi ungu karena menangis begitu keras!).

Penekanannya adalah pada kata “periode”, karena Anda dapat yakin bahwa tangisan bayi yang terus-menerus tidak akan bertahan selamanya.

Huruf-huruf PURPLE mewakili untuk:

  • P untuk (Peak of crying) puncak tangisan: bayi akan menangis lebih banyak setiap minggunya, yang paling banyak usia dua bulan, lalu berkurang di usia tiga bulan dan lima bulan.
  • U untuk (unexpected) tak terduga: tangisan bisa datang dan pergi, dan Anda tidak tahu mengapa.
  • R untuk (resist soothing) tidak mau ditenangkan: Bayi Anda mungkin tidak berhenti menangis, tidak peduli apapun yang Anda coba.
  • P untuk pain-like face) ekspresi seperti kesakitan: bayi menangis mungkin terlihat seolah-olah dia merasa sakit, bahkan ketika tidak.
  • L untuk (long-lasting) tahan lama: tangisan dapat terjadi selama beberapa jam dalam sehari.
  • E untuk (evening) malam: bayi akan menangis lebih banyak di sore dan malam hari.

Hidup dengan bayi yang secara teratur tangisannya sulit ditenangkan bisa sangat menegangkan, tetapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda untuk mengatasi tangisan. Lihat bagian dibawah ini: “Bayi saya masih menangis. Apa yang bisa saya lakukan?”

Saya ingin dipeluk

Bayi Anda akan membutuhkan banyak pelukan, kontak fisik dan jaminan kenyamanan.

Jadi mungkin bahwa dia hanya ingin dipeluk. Cobalah menggendong bayi untuk tetap dekat pada Anda, mungkin dengan mengayun dan menyanyi saat Anda menggendongnya.

Anda mungkin khawatir tentang memanjakan bayi Anda jika Anda terlalu sering menggendongnya. Tapi selama beberapa bulan pertama hidupnya itu tidak mungkin. Bayi kecil membutuhkan banyak kenyamanan fisik. Jika Anda terus dekat bayi Anda mungkin ia dapat ditenangkan dengan mendengarkan detak jantung Anda.

Aku lelah dan perlu istirahat

Biasanya, bayi sulit untuk tidur, terutama jika mereka terlalu lelah. Anda akan segera menyadari isyarat tidur bayi Anda. Merengek dan menangis pada hal-hal sepele, menatap kosong ke angkasa, dan menjadi pendiam dan hanya tiga contoh.

Jika bayi Anda telah menerima banyak perhatian dan pelukan dari tamu yang suka anak-anak, dia mungkin menjadi terlalu bersemangat. Kemudian, ketika waktunya tidur, dia akan merasa sulit untuk mematikan dan menurunkan semangatnya. Bawa bayi Anda ke suatu tempat tenang dan sepi untuk membantu dia untuk menyelesaikannya.

Aku kedinginan atau kepanasan

Bayi Anda mungkin tidak suka popoknya diganti atau dimandikan. Dia mungkin tidak terbiasa merasakan udara dingin di kulitnya dan lebih suka terbungkus dan hangat. Tapi Anda akan segera belajar bagaimana mengganti popok dengan cepat jika hal ini terjadi.

Berhati-hatilah untuk tidak memaikan baju yang berlebihan pada bayi Anda, atau ia dapat menjadi gerah. Dia biasanya akan perlu memakai satu lapis pakaian lagi daripada Anda untuk menjadi nyaman.

Gunakan seprai dan selimut tipis sebagai alas tidur di ranjang bayi atau keranjang bayi. Anda dapat memeriksa apakah bayi Anda kepanasan atau kedinginan dengan meraba perutnya. Jika perutnya terasa terlalu panas, lepas selimut, dan jika terasa dingin, tambahkan satu lagi.

Jangan menilai tangan atau kaki bayi Anda, karena mereka biasanya terasa sejuk. Jaga kamar bayi Anda pada suhu sekitar 18 derajat C. Tempatkan untuk tidur telentang dengan kakinya di ujung ranjang. Dengan begitu dia tidak bisa lolos terlalu jauh di bawah selimut dan menjadi terlalu panas.

Aku ingin popokku diganti

Bayi Anda mungkin protes jika pakaiannya terlalu ketat atau jika popoknya basah atau kotor yang mengganggunya. Atau dia mungkin tidak keberatan jika popoknya sudah penuh dan benar-benar dapat menikmati perasaan hangat dan nyaman. Tapi jika kulit lembut bayi Anda teriritasi kemungkinan besar ia akan menangis.

Aku butuh sesuatu untuk membuatku merasa lebih baik

Sadarilah perubahan pada bayi Anda. Jika dia tidak sehat, dia mungkin menangis dengan nada yang berbeda dari biasanya. Mungkin lebih lemah, lebih mendesak, terus menerus, atau bernada tinggi. Dan jika bayi Anda biasanya banyak menangis tetapi telah menjadi luar biasa tenang, ini mungkin merupakan tanda bahwa dia tidak sehat.

Tidak ada yang tahu bayi Anda sebaik Anda. Jika Anda merasa mungkin ada sesuatu yang salah dengan dirinya, hubungi dokter, bidan atau petugas kesehatan.

Ahli kesehatan akan selalu menanggapi kekhawatiran Anda dengan serius. Hubungi dokter Anda jika bayi Anda mengalami kesulitan bernapas saat menangis, atau jika tangisannya disertai dengan, muntah diare demam, atau sembelit.

Bayi saya masih menangis. Apa yang bisa saya lakukan?

Ketika Anda mengenal kepribadian bayi Anda secara bertahap, Anda akan mempelajari teknik yang terbaik untuknya. Jika sebuah pelukan tidak berhasil, saran ini dapat membantu:

Cari suara konstan

Dalam uterus (rahim), bayi Anda bisa mendengar detak jantung Anda, itulah sebabnya dia suka akan diadakan dekat dengan Anda sekarang.Adasuara yang repetitif lain yang juga mungkin memiliki efek menenangkan.

Irama yang stabil dari mesin cuci, atau suara penyedot debu atau pengering rambut dapat membuai bayi Anda untuk tidur. Tapi jangan pernah meletakkan bayi Anda di atas mesin cuci atau pengering pakaian, hanya awasi dirinya di lantai, di sebelahnya.

Anda juga dapat mendownload suara white-noise atau aplikasi white noise untuk ponsel Anda, atau membeli CD white-noise yang dibuat untuk bayi. Ini adalah tiruan suara di dalam rahim dan dapat menenangkan tangisan bayi Anda.

Ayunan bayi

Bayi biasanya suka menjadi diayun dengan lembut. Anda bisa:

  • Berjalan sekitar sambil mengayunnya.
  • Mendudukkannya di kursi goyang.
  • Jika dia cukup usia, dudukkan dalam ayunan bayi.
  • Bawa dia keluar untuk naik di mobil Anda.
  • Bawa dia keluar untuk berjalan-jalan di kereta dorongnya.

Cobalah pijat atau gosok perutnya

Dengan menggunakan minyak pijat atau krim dan menggosok punggung atau perutnya dengan lembut dapat membantu untuk menenangkan bayi Anda. Hal ini juga dapat membuat Anda merasa lebih baik, karena itu adalah cara praktis untuk mengurangi penderitaan bayi Anda. Tanyakan petugas kesehatan Anda tentang kelas pijat bayi lokal.

Cobalah posisi menyusui yang berbeda

Beberapa bayi menangis selama atau setelah disusui. Jika Anda sedang menyusui, Anda mungkin menemukan bahwa merubah posisi bayi Anda membantunya untuk menyusui dengan tenang tanpa menangis.

Jika dia tampaknya memiliki angin yang menyakitkan selama menyusui, Anda bisa mencoba menyusui di posisi yang lebih tegak. Sendawakan bayi Anda dengan memegangnya di bahu Anda. Jika bayi Anda menangis langsung setelah menyusui, dia mungkin masih lapar.

Membiarkannya mengisap sesuatu

Pada beberapa bayi yang baru lahir, kebutuhan untuk menghisap sangat kuat. Mengisap payudara Anda saat Anda sedang menyusui, jari bersih atau mainan dapat memberikan kenyamanan. Kenyamanan mengisap dapat menstabilkan detak jantung bayi, menyantaikan perutnya, dan membantunya beristirahat.

Mandikan dengan air hangat

Mandi hangat dapat menenangkan bayi Anda dan membantu dia untuk menenangkan diri. Periksa suhu air sebelum menempatkan dia di bak mandi. Tapi ingat bahwa ini juga dapat membuatnya menangis lagi. Pada waktunya, Anda akan mengenal suka dan ketidak-sukaan bayi Anda.

Jangan menuntut terlalu banyak dari diri Anda

Jika tangisan bayi Anda terus-menerus, dia tidak akan melakukan apapun yang membahayakan dirinya. Tapi akan menyebabkan Anda dan pasangan Anda banyak tekanan dan kekhawatiran. Jika dia tidak senang dan menolak segala upaya untuk ditenangkan, Anda mungkin merasa ditolak dan frustrasi. Tapi Anda bukan penyebab dia menangis, jadi jangan menyalahkan diri sendiri.

Jika sudah menemukan kebutuhan mendesak bayi Anda dan mencoba apa saja untuk menenangkannya, tetapi tidak ada yang berhasil, saatnya untuk mengurus diri sendiri:

  • Letakkan bayi di tempat tidurnya dan biarkan menangis sebentar di luar jangkauan pendengaran Anda. Ambil napas dalam-dalam.
  • Dengarkan beberapa musik yang tenang dan biarkan diri Anda rileks sejenak.
  • Jika Anda dan bayi Anda dua-duanya marah dan Anda sudah mencoba segalanya, masuk akal untuk memanggil teman atau saudara untuk membantu. Istirahatkan diri Anda dan biarkan orang lain mengambil alih untuk sementara waktu.
  • Bicarakan dengan petugas kesehatan Anda tentang strategi penanggulangan dan kelompok dukungan lokal atau kelompok orang tua-dan-bayi. Dengan cara itu Anda dapat membagi perasaan Anda dan membahas cara-cara untuk mengatasi orang tua baru lainnya.

Ingatkan diri Anda bahwa tidak ada yang salah dengan bayi Anda dan tangisan tidak akan menyakitinya. Kadang-kadang hanya menerima bahwa Anda memiliki bayi yang sering menangis dapat membantu. Anda kemudian tidak akan menjadikan diri Anda sebagai alasan untuk menangis, menyalahkan diri sendiri, atau mencoba solusi potensial tanpa batas.

Tangisan ini adalah suatu fase dan itu akan berlalu. Bayi yang baru lahir adalah kerja keras. Menjadi orang tua dari bayi yang baru lahir yang sering menangis adalah pekerjaan yang lebih keras lagi. Tapi cobalah untuk mendapatkan bantuan dan dukungan ketika Anda membutuhkannya, daripada mencoba menyelesaikannya sendiri.

Yakinkan bahwa seiring bayi Anda tumbuh, ia akan belajar cara-cara baru mengkomunikasikan kebutuhannya kepada Anda. Dan ketika hal ini terjadi, tangisan akan berhenti.

Related Posts