Trimester Kedua: Apa yang akan terjadi

Trimester kedua kehamilan seringkali masa yang paling menyenangkan. Cari tahu bagaimana untuk meringankan gejala umum – dan mempertimbangkan cara-cara untuk mempersiapkan apa yang berada di depan.

Trimester kedua kehamilan sering membawa perasaan diperbaharui. mual Yang terburuk biasanya telah berlalu, dan bayi anda belum cukup besar untuk menyesaki organ dalam perut dan membuat anda tidak nyaman. Namun gejala kehamilan yang dramatis telah dekat. Inilah apa yang diharapkan.

Trimester kedua kehamilan: Tubuh anda

Selama trimester kedua kehamilan, anda mungkin melihat perubahan fisik dari kepala sampai kaki.

Payudara Membesar

Dirangsang oleh estrogen dan progesteron, kelenjar penghasil susu di dalam payudara anda membesar selama trimester kedua. Lemak tambahan mungkin juga menumpuk di payudara anda. Meskipun beberapa dari nyeri payudara akan menjadi lebih baik, nyeri puting mungkin berlanjut sepanjang kehamilan. Sebuah bra yang mendukung adalah suatu keharusan.

Kandungan yang membesar

Sebagai rahim anda menjadi lebih berat dan mengembang untuk memberikan ruang bagi bayi, perut anda mengembang – kadang-kadang sangat cepat. Dimulai pada trimester kedua, nantikan untuk mendapatkan 3 sampai 4 pound (sekitar 1,4-1,8 kilogram) setiap bulan sampai melahirkan.

Kontraksi Braxton Hicks

Rahim anda mungkin mulai melakukan kontraksi untuk membangun kekuatan untuk pekerjaan besar di masa depan. anda mungkin merasa persiapan ini, yang disebut kontraksi Braxton Hicks, di bagian bawah perut dan pangkal paha. Mereka biasanya lemah dan datang dan pergi secara tak terduga. Hubungi penyedia layanan kesehatan anda jika kontraksi menjadi menyakitkan atau dating secara teratur. Ini bisa menjadi tanda persalinan prematur.

Perubahan kulit
Seiring dengan meningkatnya sirkulasi darah ke kulit anda, daerah-daerah tertentu dari kulit anda akan menjadi lebih gelap, seperti kulit di sekitar puting susu anda, bagian wajah anda dan garis yang membentang dari pusar anda ke tulang kemaluan anda. Paparan sinar matahari dapat memperburuk masalah. Ketika anda berada di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan banyak tabir surya.

Stretchmark
anda mungkin melihat garis-garis merah muda, merah atau ungu di sepanjang perut, payudara, lengan atas, bokong atau paha anda selama trimester kedua kehamilan. Peregangan kulit anda juga mungkin terasa gatal. Pelembab dapat membantu. Meskipun stretch mark tidak dapat dicegah, stretch mark paling akhirnya memudar dalam jumlah.

Selaput hidung dan masalah gusi
seiring dengan meningkatnya sirkulasi anda semasa kehamilan, darah mengalir lebih banyak ke selaput lendir tubuh anda. Hal ini menyebabkan lapisan hidung dan saluran napas membengkak, yang dapat membatasi aliran udara dan menyebabkan mengorok, hidung tersumbat dan mimisan. Peningkatan sirkulasi darah juga dapat membuat gusi anda lemah, yang dapat menyebabkan pendarahan kecil ketika anda sikat atau melakukan benang gigi. Beralih ke sikat gigi lembut dapat membantu mengurangi iritasi.

Pusing
Pembuluh darah membesar sebagai respons terhadap hormon-hormon kehamilan. Sampai volume darah anda mengembang untuk mengisi mereka, tekanan darah anda akan jatuh dan anda mungkin mengalami pusing sesekali. Jika anda mengalami masalah dengan pusing, minum banyak cairan dan bangkit perlahan setelah berbaring atau duduk. Ketika anda merasa pusing, berbaring pada sisi kiri anda untuk memulihkan tekanan darah anda.

Kaki kram
Kram kaki adalah umum saat kehamilan berlangsung, sering menyerang pada malam hari. Untuk membantu mencegah kram kaki selama kehamilan, regangkan otot betis anda sebelum tidur. Hal ini juga membantu untuk tetap aktif secara fisik dan minum banyak cairan. Jika kram kaki melanda, regangkan otot betis pada sisi yang terkena. Sebuah mandi air panas, mandi air hangat atau pijat es juga dapat membantu.

Sesak napas
Paru-paru anda memproses lebih banyak udara daripada yang mereka lakukan sebelum hamil anda. Hal ini memungkinkan darah mengangkut lebih banyak oksigen ke plasenta dan bayi – dan mungkin membuat anda bernapas sedikit lebih cepat dan merasa sesak napas.

Keputihan
anda mungkin menghasilkan cairan encer, berwarna putih. Ini debit asam diduga untuk membantu menekan pertumbuhan bakteri atau ragi yang berpotensi membahayakan. anda mungkin ingin memakai panty liner untuk kenyamanan. Hubungi penyedia layanan kesehatan anda jika keputihan menjadi  berbau tajam, hijau atau kekuningan, atau jika itu disertai dengan kemerahan, gatal atau iritasi. Ini bisa mengindikasikan infeksi vagina.

Kandung kemih dan infeksi ginjal
Perubahan hormonal memperlambat aliran urin, dan rahim anda berkembang mungkin menghambat jalan- faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi kandung kemih dan ginjal. Hubungi penyedia layanan kesehatan anda jika anda melihat sensasi terbakar ketika buang air kecil, atau anda mengalami demam, sakit perut atau sakit punggung. Jika tidak diobati, infeksi saluran kencing meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

 

Trimester kedua kehamilan: Emosi anda
Kehamilan adalah sebuah perjalanan psikologis serta biologis. Selama trimester kedua, anda mungkin merasa kurang lelah dan lebih menerima tantangan bagi mempersiapkan rumah untuk bayi anda. Lakukan saat anda bersemangat! Mendaftar di kelas melahirkan. Cari penyedia layanan kesehatan untuk bayi anda. Baca tentang menyusui. Jika anda berencana untuk terus bekerja setelah bayi lahir, periksa dengan seksama kebijakan cuti bersalin tempat kerja anda dan selidiki pilihan penitipan anak. Di beberapa daerah, anda tidak dapat memulai terlalu cepat untuk mencari penitipan anak.

Seiring berkembangnya kehamilan, perubahan bentuk dan fungsi tubuh anda dapat mempengaruhi emosi anda. Beberapa wanita merasakan seksualitas tinggi selama kehamilan. Orang lain merasa tidak menarik – terutama karena perut mereka berkembang. Jika anda berjuang dengan citra tubuh anda, bagi keprihatinan anda dengan pasangan anda. Ungkapkan cinta dan kasih sayang dengan cara yang membuat anda merasa paling nyaman.

Sementara antisipasi memuncak, anda mungkin khawatir tentang melahirkan dan dunia ibu yang menanti. Ingatlah bahwa anda tidak dapat merencanakan atau mengendalikan segala sesuatu mengenai kehamilan anda. Sebaliknya, belajar sebanyak yang anda bisa. Fokus pada membuat pilihan gaya hidup sehat yang akan memberikan bayi anda awal terbaik.

Janji dengan penyedia layanan kesehatan anda

Selama trimester kedua, janji prenatal anda akan fokus pada pertumbuhan bayi anda, mengkonfirmasi tanggal jatuh tempo anda dan mendeteksi masalah tentang  kesehatan anda.

Dokter akan mulai dengan memeriksa berat badan dan tekanan darah anda. Dia mungkin mengukur ukuran rahim anda dengan memeriksa tinggi fundus anda – jarak dari puncak rahim (fundus) ke tulang kemaluan anda. Pemeriksaan panggul sering tidak perlu selama trimester kedua, kecuali sesuatu yang tidak biasa  perlu diselidiki.

Pada tahap ini, puncak kunjungan prenatal anda mungkin mendengarkan detak jantung bayi anda dengan perangkat khusus yang disebut Doppler. Dokter mungkin menyarankan USG atau tes skrining lainnya trimester ini. anda juga mungkin mengetahui jenis kelamin bayi anda – jika anda memilih untuk itu.

Pastikan untuk menyebutkan tanda-tanda atau gejala yang mengkhawatirkan anda, bahkan jika mereka tampak konyol atau tidak penting. Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan anda akan menenangkan pikiran anda.