Aksi Janin Lewat USG

Dr. Prima Progestian Brawijaya Women & Children Hospital

Dr. Prima Progestian
Brawijaya Women & Children Hospital

Salah satu fungsi pemeriksaan USG adalah untuk mengetahui jenis kelamin janin. Tapi, sebenarnya fungsi USG lebih dari itu. USG adalah alat yang memancarkan transmisi gelombang suara ultrasound (frekuensi tinggi sekitar 2 MHz-10 MHz). Kemudian gema gelombang suara ini diterjemahkan computer menjadi gambar pada layar monitor, sehingga terciptalah gambaran dan perilaku janin. Pada USG 2 dimensi, jaringan keras seperti tulang tak memantulkan gelombang suara sehingga memunculkan bayangan putih di gambar. Jaringan lunak tampak abu-abu dan berbintik-bintik, sedangkan cairan tidak memantulkan gema sehingga muncul bayangan hitam.

Umumnya pemeriksaan USG kehamilan dilakukan melalui perut (transabdomimal). Saat pemeriksaan, ibu diminta berbaring pada tempat tidur pemeriksaan dan dokter akan memberikan jelly ke perut pasien, lalu akan melakukan pemeriksaan dengan alat/probe yang ditempelkan di perut. Pada awal kehamilan, sebaiknya ibu minum beberapa gelas air dan menahan berkemih sebelum pemeriksaan.

USG 2 Dimensi

USG ini hamper ada dimana-mana, ruma sakit bertaraf International di kota besar hingga puskesmas di pedesaan. Gambaran yang dihasilkan berwarna hitam putih. USG jenis ini menampilkan gambar dua bidang yaitu memanjang dan melintang. Pasien dan dokter hanya akan melihat gambaran di satu bidang permukaan saja, tergantung posisi bayi dan alat saat itu. Meski gambaran yang dihasilkan sangat terbatas, USG jenis ini dapat mendeteksi sebagian besar kelainan, bahkan hingga angki 80%. Biayanya pun relatif lebih murah, bahkan gratis.

Pages: 1 2 3

Related Posts