Daftar yang Harus Dilakukan: Trimester ketiga

Trimester ini adalah semua tentang mempersiapkan untuk bayi baru Anda. Anda dapat bersenang-senang memenuhi kebutuhan pakaian dan peralatan bayi, dan menampilkan kandungan Anda!
Daftar kegiatan kami akan membantu Anda untuk menikmati hitungan mundur kedatangan bayi Anda. Anda dapat menandai setiap item dalam daftar, atau hanya menggunakannya sebagai panduan. Lakukan apa terasa tepat untuk Anda.

1. Sadarilah gerakan bayi Anda

Bayi Anda tumbuh sepanjang waktu, sehingga gerakannya akan berubah sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bayi Anda mungkin bergerak lebih sedikit di kemudian hari dalam trimester ketiga Anda. Hal ini karena dia punya sedikit ruang di dalam rahim Anda sekarang.
Setiap bayi memiliki pola yang berbeda mengenai bangun dan tidur, tetapi Anda nantinya akan mengetahui kapankah waktu yang dimiliki oleh bayi anda. Jika Anda melihat perubahan dalam pola itu, segera  memberitahu bidan atau dokter.

2. Pelajari tentang janji antenatal trimester ketiga Anda

Selama janji trimester ketiga kehamilan Anda, bidan Anda akan memberikan informasi tentang persiapan persalinan dan kelahiran, termasuk bagaimana mengenali tanda-tanda persalinan dan bagaimana cara mengatasi nyeri persalinan
Jika Anda belum melahirkan bayi Anda pada saat Anda telah menjalani  minggu ke 41, Anda akan menemui dokter kandungan. Ia mungkin menawarkan Anda penyapuan membran untuk mendapatkan persalinan, dan menjelaskan cara lain untuk menginduksi persalinan.

3. Waspadai gejala kehamilan yang tidak boleh diabaikan

Pre-eklamsia adalah kondisi kehamilan yang diperkirakan terjadi ketika plasenta tidak bekerja dengan baik. Hal ini dapat terjadi sejak minggu ke 20 kehamilan, tapi kau paling mungkin untuk mendapatkannya pada trimester ketiga Anda.
Bidan akan melihat mengamati untuk tanda-tanda pre-eklampsia bila Anda memiliki pemeriksaan rutin antenatal Anda. Tanda-tandanya meliputi tekanan darah tinggi dan protein dalam urin Anda.
Meskipun tes bidan melakukan adalah cara yang paling efektif untuk mengetahui adanya perkembangan pre-eklampsia, ada baiknya untuk menyadari gejala. Diantara pertemuan, hati-hati jika ada sakit kepala parah, penglihatan kabur dan tangan bengkak dan kaki. Hubungi dokter atau bidan segera jika Anda melihat gejala-gejala tersebut.

4. Makan dengan baik

Makan dengan baik pada tahap kehamilan adalah penting bagi kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda. Cobalah untuk makan banyak makanan kaya zat besi, yang membantu Anda untuk memproduksi sel-sel darah merah. Bayi Anda akan cadangan zat besi dari tubuh Anda, sehingga ia tidak akan kehabisan, tapi Anda bisa jadi kekurangan.
Tingkatkan asupan zat besi Anda dengan mengkonsumsi makanan dengan sumber zat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran hijau, dan sereal yang diperkaya dalam diet Anda. Memiliki segelas jus jeruk dengan makanan Anda untuk membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Lihat kalkulator zat besi kami untuk cara mudah untuk memasukkan zat besi dalam diet Anda.

5. Lakukan beberapa peregangan

Sekarang adalah saat yang tepat untuk belajar peregangan yang akan melonggarkan tubuh Anda agar  siap untuk kelahiran bayi Anda. Lihat slideshow kami trimester ketiga peregangan untuk memberikan beberapa ide.
Cobalah untuk tidak khawatir jika Anda merasa sulit untuk belajar latihan baru. Bahkan sesekali peregangan dan bergoyangkan dapat membantu Anda menghindari masalah kehamilan seperti kram kaki. Hanya dengan bergerak dan sedikit peregangan!

6. Pijat kandungan Anda

seiring kandungan anda membesar, Anda mungkin ingin menghabiskan beberapa waktu fokus pada bayi Anda yang belum lahir. Ini sangat aman untuk Anda atau pasangan Anda untuk memijat kandungan Anda, asalkan Anda menggunakan stroke lembut yang meluncur di atas kontur tubuh Anda.
Ini adalah cara yang indah bagi Anda berdua untuk merasa dekat dengan bayi Anda, dan Anda bahkan mungkin merasa sedikit tendangan untuk menanggapi sentuhan pijatan.

7. Mengumpulkan barang-barang bayi Anda

Ini adalah pekerjaan yang sempurna bagi pasangan Anda atau teman yang ingin membantu. Dipan dan kereta bisa sulit untuk dirangkai, terutama ketika Anda adalah orang tua baru yang kekurangan tidur. Memulai sekarang akan membuat hidup jauh lebih mudah setelah bayi Anda tiba.

8. Berbicara dengan bayi Anda

Bayi Anda dapat mendengar suara Anda sekarang, dan berbicara kepadanya adalah cara yang bagus untuk memulai proses ikatan. Jika memiliki percakapan dengan kandungan Anda tampaknya aneh, cobalah bercerita tentang kegiatan sehari-hari Anda, membaca buku, majalah, atau koran keras-keras, atau bernyanyi untuknya.

9. Pelajari tentang tahapan persalinan

Tidak ada yang dapat memberitahu Anda seperti apa pengalaman persalinan anda nantinya  atau berapa lama itu akan berlangsung. Tapi belajar tentang persalinan dapat membantu Anda merasa lebih memegang kendali ketika saatnya tiba. Cari tahu lebih lanjut tentang tiga tahapan persalinan.

10. Buat rencana kelahiran

Sebuah rencana persalinan adalah cara bagi Anda untuk berkomunikasi keinginan Anda kepada bidan dan dokter yang merawat Anda selama persalinan. Ini memberitahu mereka tentang jenis persalinan dan kelahiran Anda ingin miliki, apa yang Anda inginkan terjadi, dan apa yang ingin anda hindari. mungkin hal-hal tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda, tetapi menulis sebuah rencana kelahiran bisa membantu Anda untuk membuat keputusan selama persalinan.

11. Kenali kontraksi

sadari dan kenali kontraksi Braxton Hicks Anda. Perhatikan apa yang mereka rasakan dan seberapa sering mereka terjadi. Ini dapat membantu Anda untuk membedakan mereka dari tanda-tanda riil persalinan.

12. Membeli pakaian untuk bayi Anda

Pikirkan tentang pakaian dan kebutuhan lainnya, seperti popok, yang akan dibutuhkan bayi anda. Beli yang mendasar sebelum dia lahir dan sisihkan sebagian uang untuk membeli lagi nantinya.
Ingatlah bahwa Anda akan mendapatkan banyak pakaian dari teman dan keluarga sebagai hadiah. Cuci segala sesuatu sebelum digunakan dalam bubuk cuci non-biologis, untuk menghindari iritasi kulit sensitif bayi Anda yang baru lahir.

13. Mengepak tas rumah sakit

Bahkan jika Anda tidak merencanakan kelahiran di rumah sakit, Anda mungkin perlu untuk pergi tiba-tiba, maka kemaslah tas anda sebelum masa kelahiran tiba.
Periksa apa rumah sakit sediakan dan apa yang anda harus bawa sendiri. Jika Anda suka, Anda bisa pak dua tas: satu untuk persalinan dan beberapa jam segera setelah bayi Anda lahir, dan satu lagi untuk tinggal di bangsal postnatal. Sang ayah perlu tas juga! Katakan pada pasangan Anda untuk berkemas tas untuk dirumah sakit.

14. Dapatkan lebih banyak tidur

Jika Anda kesulitan untuk tertidur di malam hari, cobalah berinvestasi dengan beberapa bantal berkualitas baik untuk mendukung Anda. Selipkan satu antara lutut dan beberapa di bawah perut Anda sebelum Anda pergi tidur dapat membantu Anda untuk mendapatkan nyaman. Lihatlah pada tip menjadi orang tua  BayiKOO ‘untuk mendapatkan tidur lebih banyak.

15. Persediaan pada perlengkapan rumah tangga

Buat hidup lebih mudah untuk diri sendiri mulai sekarang. Sediakan yang paling mendasar, mulai dari makanan kaleng ke celana ketat, sebelum berbelanja menjadi pekerjaan yang terlalu berat. Masak porsi tambahan makanan yang mudah dimasak untuk dibekukan untuk minggu setelah melahirkan. Anda akan senang Anda melakukannya ketika bayi Anda tiba.

16. Instal kursi mobil untuk bayi Anda

Jika Anda melahirkan bayi Anda di rumah sakit dan akan pulang dengan mobil, Anda akan perlu untuk menempatkan dia di kursi mobil. Pilih kursi mobil yang tepat untuk usia dan berat bayi Anda sangat penting. Anda juga harus memastikan bahwa ia terpasang dengan benar. Jika kursi mobil tampaknya tidak cocok dengan sempurna pada mobil Anda, atau jika tampaknya sulit untuk terikat dengan benar di tempatnya, jangan membelinya.

17. Jadilah kreatif tentang seks pada trimester ketiga

Jika Anda sedang mengalami kehamilan yang sehat, tidak ada komplikasi, anda dapat terus berhubungan seksual dengan pasangan anda sampai masa air ketuban pecah. Tapi Anda mungkin perlu bereksperimen untuk menemukan posisi yang nyaman sebagaimana kandungan Anda akan lebih besar.

18. Panggil orang lain untuk membantu!

Jangan merasa bersalah mengambil tawaran nikmat dari teman dan keluarga. Mereka akan senang merasa bahwa mereka sedang melakukan sesuatu yang berguna bagi Anda. Sangat menyenangkan memiliki seseorang untuk membersihkan rumah, misalnya, membuatnya siap untuk bayi baru Anda dan semua pengunjung yang akan tertarik untuk menemuinya!

19. Periksa rumah sakit

Jika Anda memiliki bayi di rumah sakit, mencari tahu apakah unit bersalin menawarkan tur online. Sementara itu, Anda dapat membaca tentang prosedur penerimaan persalinan awal. Tanyakan bidan Anda jika Anda ingin tahu tentang bagaimana bayi Anda akan dimonitor dalam proses persalinan.

20. Hindari sakit punggung

Apakah kandungan Anda memberikan Anda sakit belakang? Cobalah untuk tidak mengangkat sesuatu yang berat, karena ia akan meletakkan beban pada ligamen Anda yang melunak. Ini bisa sulit jika Anda sudah menjadi ibu untuk balita. Bidan atau fisioterapis dapat menyediakan sabuk bersalin yang dapat mendukung punggung Anda.

21. Siapkan untuk kelahiran

Pastikan Anda dan pasangan Anda memiliki semua nomor penting pada ponsel Anda: bidan, dokter dan bangsal persalinan atau klinik bersalin. Jika Anda memiliki hewan peliharaan dan anak-anak, atur seseorang untuk merawat mereka. Kemudian Anda akan dapat fokus hanya pada diri Anda dan bayi Anda ketika saatnya tiba.

22. Membaca tentang perawatan bayi baru lahir

Jika Anda belum melakukannya, trimester ketiga adalah waktu yang tepat untuk beralih persneling dari bacaan tentang kehamilan menjadi bacaan tentang merawat bayi. Anda tidak akan punya waktu banyak untuk membaca setelah bayi Anda lahir, jadi belajar semua yang Anda dapat tentang beberapa minggu sejak sekarang. Mengapa tidak mulai dengan mencari tahu seperti apa bayi anda akan terlihat sesudah lahir?

23. Persiapan untuk menyusui

Semakin banyak Anda tahu tentang cara kerja dan manfaat menyusui, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil dalam hal itu.
Cobalah untuk menghadiri kelas menyusui atau sesi persiapan untuk menyusui beberapa waktu selama kehamilan Anda. Kelas-kelas yang ditawarkan oleh banyak rumah sakit dan oleh Trust Childbirth Nasional sebagai bagian dari kelas antenatal mereka.

24. Bantuan untuk melakukan persalinan secara alami

Dokter masih tidak sepenuhnya memahami bagaimana persalinan dimulai. Tapi jika Anda terlambat dan merasa jenuh, banyak ibu bersumpah bahwa berjalan, hubungan seksual, akupunktur atau makan kari memulai secara paksa persalinan mereka.
Dan Anda bahkan mungkin memiliki beberapa hal menyenangkan dalam proses! Cari tahu lebih lanjut tentang cara alami untuk memulai persalinan.

25. Ikuti perkembangan bayi Anda

Mendaftar untuk newsletter gratis BayiKOO untuk mengetahui bagaimana bayi Anda berkembang, minggu demi minggu.

26. Bergabung dengan Klub Kelahiran Anda

Tidak ada yang mengerti apa yang sedang Anda alami serta lainnya calon ibu pada tahap kehamilan yang sama. Berbincang dengan calon ibu lainnya yang akan melahirkan pada bulan yang sama seperti Anda di Club lahir BayiKOO. Ini adalah tempat yang bagus untuk membuat teman baru dan berbagi pengalaman Anda.

Related Posts