Trimester ketiga: Apa yang Diharapkan

pregnancy_001

 

Trimester ketiga kehamilan dapat melelahkan dan tidak nyaman. Berikut membantu mengurangi gejala – dan kecemasan – seiring waktu melahirkan semakin dekat.

Masa trimester ketiga kehamilan dapat jadi menantang secara fisik dan emosional. Ukuran bayi Anda dan posisinya mungkin membuat sulit bagi Anda untuk mendapatkan rasa nyaman. Anda mungkin lelah dengan kehamilan dan bersemangat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika Anda sudah bersiap-siap untuk waktu melahirkan anda, Anda mungkin akan kecewa jika datang dan pergi tanpa banyak arti.

Cobalah untuk tetap positif ketika Anda menanti akhir kehamilan Anda. Segera Anda akan memeluk si kecil di lengan Anda! Berikut adalah apa yang akan terjadi sementara itu.

Trimester ketiga kehamilan: Tubuh Anda

Saat bayi Anda tumbuh, gerakannya akan menjadi lebih jelas. Ini sensasi yang menarik namun sering disertai dengan peningkatan ketidaknyamanan dan gejala trimester ketiga kehamilan lainnya.

pertumbuhan payudara yang berlanjut
Sekarang, Anda mungkin memiliki  2 pon tambahan (hampir 1 kg) jaringan payudara. Semakin dekat dengan waktu kelahiran, puting Anda bisa mulai bocor oleh kolostrum – cairan kekuningan yang akan memelihara bayi Anda selama beberapa hari pertama kehidupan.

Kenaikan Berat badan

Saat anda melahirkan, anda dapat memperkirakan kenaikan berat badan 25 sampai 35 pon (sekitar 11 sampai 16 kilogram) lebih dari yang Anda miliki sebelum hamil. Bayi Anda terhitung untuk beberapa kenaikan berat badan, tapi juga dengan plasenta, cairan amnion, payudara dan rahim yang lebih besar, ekstra timbunan lemak, dan meningkatnya darah dan volume cairan.

kontraksi Braxton Hicks Kontraksi ini adalh persiapan untuk hal yang sebenarnya. Mereka biasanya lemah serta datang dan pergi tak terduga. Kontraksi persalinan yang sebenarnya bisa jadi lebih lama, lebih kuat dan serta lebih dekat. Jika Anda mengalami kontraksi yang menyakitkan atau menetap, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Sakit Punggung
seiring berat badan bayi anda bertambah, hormon kehamilan melenturkan sendi antara tulang-tulang di daerah panggul Anda. Perubahan ini bisa jadi sulit bagi punggung Anda. Ketika Anda duduk, pilihlah kursi dengan sandaran yang baik. Letakkan bantal pemanas atau es ke daerah yang menyakitkan. Mintalah pasangan Anda untuk memijat. Kenakan sepatu bertumit rendah – tetapi tidak datar – dengan dukungan lengkungan yang baik. Jika sakit punggung tidak hilang atau disertai dengan tanda-tanda dan gejala lain, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Sesak napas
Anda mungkin mudah merasa terengah-engah karena rahim mengembang bawah diafragma Anda, otot yang berada tepat di bawah paru-paru Anda. Hal ini dapat membaik saat bayi mengambil tempat lebih kebawah dalam panggul Anda sebelum pengiriman. Sementara itu, berlatih postur yang baik dan tidur dengan tubuh bagian atas bersandar pada bantal untuk mengurangi tekanan pada paru-paru Anda.

Mulas
Selama trimester ketiga, rahim Anda yang membesar mungkin mendorong usus anda keluar dari posisi normal – yang dapat berakibat pada rasa mulas. Untuk menjaga asam lambung tetap pada tempatnya, makan makanan kecil dan minum banyak cairan diantara waktu makan. Hindari makanan yang digoreng, minuman berkarbonasi, buah atau jus asam, dan makanan pedas. Jika tips ini tidak membantu, mintalah penyedia layanan kesehatan Anda mengenai antasida.

Pembengkakan
Karena rahim anda yang berkembang memberi tekanan pada pembuluh darah yang kembali dari bagian kaki dan betis, kaki dan pergelangan kaki yang bengkak bisa menjadi masalah. Pada saat yang sama, pembengkakan di, lengan, kaki atau tangan Anda dapat menempatkan tekanan pada saraf, menyebabkan kesemutan atau mati rasa. Penumpukan  cairan dan pembuluh darah melebar dapat membuat  wajah dan kelopak mata Anda bengkak, terutama di pagi hari. Jika Anda memiliki wajah persisten atau kelopak mata bengkak, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Untuk mengurangi pembengkakan, berbaring atau gunakan sandaran kaki. Anda bahkan mungkin mengangkat kaki dan betis Anda saat tidur. Hal yang juga dapat membantu adalah berenang atau dengan hanya berdiri di kolam renang.

Spider veins, varises dan wasir
Peningkatan sirkulasi darah dapat menyebabkan bintik-bintik kemerahan kecil yang tumbuh pembuluh darah kecil pada wajah, leher atau lengan, terutama jika Anda memiliki kulit yang berwarna cerah. Garis biru atau kemerahan di bawah permukaan kulit (varises) juga muncul, terutama di bagian kaki. Varises di rektum (wasir) adalah kemungkinan lain.

Jika Anda memiliki varises yang menyakitkan, angkat kaki Anda dan gunakan kaus kaki pendukung. Untuk mencegah wasir, hindari sembelit. Sertakan banyak serat dalam diet Anda dan banyak minum cairan.

Sering buang air kecil
Sebagai bayi Anda bergerak lebih dalam ke panggul Anda, Anda akan merasa lebih banyak tekanan pada kandung kemih Anda. Anda mungkin menemukan diri Anda buang air kecil lebih sering, bahkan pada malam hari. Ini tekanan ekstra juga dapat menyebabkan Anda terkencing – terutama ketika Anda tertawa, batuk atau bersin. Jika Anda khawatir tentang hal ini, panty liner dapat menawarkan rasa aman.
Terus perhatikan tanda-tanda infeksi saluran kemih, seperti kencing yang lebih dari biasanya, rasa terbakar saat buang air kecil, nyeri demam, sakit perut atau punggung. Jika tidak diobati, infeksi saluran kencing meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Keputihan
Keputihan yang banyak adalah umum pada akhir kehamilan. Jika Anda jenuh mengganti panty liner setiap beberapa jam atau bertanya-tanya apakah kebocoran cairan ketuban, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Trimester ketiga kehamilan: Emosi Anda

Sebagaiman antisipasi memuncak, kekhawatiran tentang persalinan mungkin menjadi lebih kuat. Berapa banyak sakit yang akan terasa? Berapa lama ia akan bertahan? Bagaimana saya mengatasinya?
Jika Anda belum melakukannya, pertimbangkan untuk mengambil kelas melahirkan. Anda akan belajar apa yang menjadi kemungkinan – dan bertemu calon ibu lain yang berbagi kegembiraan dan keprihatinan. Bicara dengan wanita yang pernah memiliki pengalaman melahirkan yang positif, dan meminta penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan untuk menghilangkan rasa sakit. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Tidak ada cara yang benar ataupun salah untuk memiliki bayi.

Realitas dunia orangtua juga akan mulai mengambil tempat. Anda mungkin merasa cemas dan kewalahan, terutama jika ini adalah bayi pertama Anda. Untuk tetap tenang, bersenang-senang dalam seseorang yang akan datang. Pertimbangkan:

  • Menulis pengalaman anda dalam jurnal
  • Berbicara dengan bayi Anda
  • Memotret perut hamil Anda untuk berbagi dengan anak Anda satu hari

Dan juga dapat berguna dengan merencanakan ke depan. Jika Anda akan menyusui, kumpulkan persediaan yang Anda mungkin perlu, seperti bantal khusus untuk digunakan saat menyusui dan pompa payudara. Jika Anda mengharapkan anak laki-laki – atau Anda tidak tahu jenis kelamin bayi Anda – pikirkan tentang apa yang tepat untuk keluarga Anda mengenai sunat. Pertimbangkan penyedia layanan yang tepat bagi bayi anda. Buatlah rencana untuk minggu pertama Anda bersama-sama.

Janji dengan penyedia layanan kesehatan Anda

Selama trimester ketiga, dokter Anda mungkin meminta Anda untuk datang untuk pemeriksaan lebih sering – mungkin setiap awal minggu pada minggu ke 32 dan setiap awal minggu sejak minggu ke 36.
Seperti kunjungan sebelumnya, dokter akan memeriksa berat badan dan tekanan darah dan bertanya tentang tanda-tanda atau gejala yang Anda alami. Anda mungkin perlu tes skrining untuk berbagai kondisi, termasuk:
• Gestational diabetes. Ini adalah jenis diabetes yang kadang-kadang berkembang selama kehamilan. Pengobatan yang tepat dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu Anda mengelola tingkat gula darah Anda dan melahirkan bayi yang sehat.
• Anemia. Anemia adalah tingkat abnormal rendah dari sel darah merah atau hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang mengandung zat besi. Anemia berat dapat memperlambat pertumbuhan bayi Anda atau memicu persalinan prematur. Untuk mengobati anemia, Anda mungkin perlu mengambil suplemen zat besi.
• Grup B strep. Grup B strep adalah jenis bakteri yang dapat hidup dalam vagina atau dubur. Ini tidak akan membuat Anda sakit, tetapi bisa menyebabkan infeksi serius bagi bayi Anda setelah lahir. Jika Anda tes positif untuk kelompok B streptokokus, dokter mungkin akan merekomendasikan antibiotik saat Anda berada di saat melahirkan.

Dokter juga akan memeriksa ukuran dan detak jantung bayi Anda. Menjelang akhir kehamilan, ujian melalui vagina dapat membantu dokter menentukan posisi bayi dalam rahim Anda. Dia juga dapat memeriksa leher rahim Anda untuk melihat apakah itu mulai melunakkan atau melebar dalam persiapan untuk kelahiran – meskipun ujian serviks bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk memprediksi kapan persalinan akan dimulai.

Jika Anda memiliki keinginan tertentu atau preferensi untuk persalinan dan kelahiran – seperti melahirkan dalam air atau tanpa obat – Anda mungkin ingin mendefinisikan keinginan Anda dalam rencana kelahiran. Meninjau rencana dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu untuk mencegah adanya kesalahpahaman.

Sebagaimana hari persalinan telah dekat, teruslah bertanya. Bagaimana saya bisa membedakan antara persalinan palsu dan yang sebenarnya? Kapankah saya harus pergi ke rumah sakit? Apakah saya terlambat untuk epidural? Ingat, tidak ada satupun pertanyaan yang akan dianggap konyol. Memahami apa yang terjadi dapat membantu Anda memiliki pengalaman bersalin yang paling positif.

Related Posts